Ortopantomografi (OPG)

Ditulis pada Jumat, 25 Agu 2017 oleh: admin

Orthopantomogram (OPG), juga dikenal sebagai orthopantogram atau panorex, Alat Ini untuk memeriksa gigi beserta rahangnya dan ditampilkan dalam bentuk foto film dengan teknik tomografi. OPG akan menunjukkan tampilan dua-dimensi setengah lingkaran dari telinga ke telinga 

Periodontitis, inflamasi kronik pada jaringan pendukung gigi, mempunyai karakteristik hilangnya secara progresif, khususnya, tulang alveolar. Hilangnya tulang dapat dinilai pada gambaran radiograf biasanya memiliki pola yaitu terlihat level yang sama pada aspek mesial dan distal dari gigi tetangganya. Lesi infrabony telah digambarkan sebagai kehilangan tulang secara angular maupun vertikal. Resiko perkembangan penyakit akan meningkat jika tidak diberi treatmen yang tepat. Hilangnya tulang lebih banyak ditemui pada maksila, khususnya pada regio molar. Kasus ini lebih banyak terjadi pada pria, dan hilangnya tulang periodontal akan meningkat sejalan dengan bertambahnya umur. Prasyarat dari perkembangan kerusakan periodontal adalah bakteri yang terdeposit pada gigi yang terlibat. Berbagai bakteri anaerob, sebagian besar gram-negatif, telah terlibat dalam patogenesis dari penyakit. Selain itu periodontitis juga berkaitan dengan adanya trauma oklusal dan infeksi pada saluran akar.

Pemeriksaan radiografi rutin dengan orthopantomograf (OPG) pada mandibula pasien merupakan bagian treatmen yang penting dan dianjurkan. Adanya resorbsi tulang alveolar biasanya dipengaruhi oleh waktu pencabutan, osteoporosis, diet, penggunaan gigi tiruan, penyakit periodontal dan parafungsi yang lain.

Cetak: Kategori: Layanan Unggulan
Bagikan:

Rehabilitasi Medik

Rehabilitasi Medik merupakan Pelayanan kesehatan menyeluruh penderita gangguan f

TMS

          Transcranial Magnetic Stimulation (TMS) adala

Mammography

Mammography adalah tes untuk mendeteksi kanker payudara menggunakan sinar X. Be


Kesembuhan dan Kepuasan Pasien Merupakan Kebahagiaan Kami
RSUD Kabupaten Temanggung
Jl. Gajah Mada No 1A Temanggung
Copyright © 2017